Jualan ikan, baik benih maupun calon induk ikan air tawar adalah posting untuk pengingat. Allah, saya niat untuk memulai jualan ikan lagi. Ini pernah saya ucapkan pada saat akan memulai kegiatan serupa sekira tahun 2006. Dan pada tahun yang sama, saya pun berniat untuk berhenti karena aktifitas melanjutkan studi. Kini, niatan itu saya ucapkan kembali. Hal ini sangat bermakna untuk diucapkan. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kesuksesan dalam menjalaninya.

Sebagai orang yang hampir tiap hari menangani ikan air tawar, saya pikir mengapa tidak saya mulai lagi jualan secara off line? Lumayan untuk menambah “uang dapur”. Sing penting halal.

Utamanya, saya menjual benih, calon induk, dan induk beberapa jenis ikan air tawar. Ikan-ikan air tawar yang saya jual antara lain: ikan nila, mas, lele sangkuriang, gurame, dan patin.

Alhamdulillah, aktivitas ini saya lakoni dengan dibantu isteri sejak tahun 2012, namun mulai eksis sejak 2013 dengan suka dan suka yang dihadapinya. Saya sengaja tidak menyebutkan dukanya agar Anda tetap berpikiran positif dalam menjalani kegiatan apapun. Duka tentu ada, begitulah kehidupan.

Benih dan calon induk ikan yang saya distribusikan berasal dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi yang berlokasi di Jl. Selabintana no 37 Sukabumi. Dengannya saya tentu berharap bahwa produk dari kantor kami akan mendapat perhatian dari para pembenih dan pembudidaya ikan dari seluruh Indonesia. Berkenaan dengan hal tersebut, tentu saja surat keterangan asal ikan (SKAI) berasal dari kantor kami.

______

Update Februari 2017

Tak terasa, kini adalah tahun kelima dalam perjalanan melayani para pembeli. Kawan-kawan dari Aceh, Medan, Sulawesi hingga Papua telah mendapat pelayanan saya. Semoga ikan-ikan tersebut telah berkembang di daerah Anda masing-masing, bermanfaat bagi para pembenih dan para pembudidaya, bermanfaat bagi perkembangan akuakultur Indonesia. Dan tentu saja saya senantiasa berdoa semoga upaya ini tetap mendapat ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin.

Jualan ikan baik benih maupun calon induk
Ikan mas Cangkringan

 

Jualan ikan baik benih maupun calon induk
Tagged on:     

5 thoughts on “Jualan ikan baik benih maupun calon induk

  • August 28, 2012 at 20:59
    Permalink

    Insya Allah, Dia akan selalu memberikan rizkinya secara merata di muka bumi ini.

    • August 29, 2012 at 10:56
      Permalink

      Insya Allah. Terima kasih Mas Muhammad Mufti 🙂

  • June 12, 2013 at 18:47
    Permalink

    salam pak bos, kalo benih patin perekornya brpa bos?by> UPR Pandeglang

Comments are closed.