Adi Sucipto

Hai, ini aku; Adi Sucipto.

Selamat datang ke blog ini ya. Blog Adi Sucipto ini mewakili namaku sendiri dan sudah aku sewa sejak 2009. Harapannya akan diisi dengan catatan seputar kehidupan dan aktifitas saya yang sedang belajar tentang Islam, akuakultur, WordPress dan apa saja yang menjadi hobbiku. Aku hobi menulis, membuat aplikasi Android dan jualan.

Kebiasaan menulis ini memang sempat saya isirahatkan mengingat kesibukan di dunia nyata yang sangat menyita banyak waktu. Istilah kata, untuk mendapatkan segenggam beras untuk kebutuhan di rumah.

Saat ini ada beberapa buku yang saya tulis. Buku pertama saya adalah tentang Pembesaran Nila Merah Bangkok yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya tahun 2005. Buku kedua saya bersama Dr. Odang carman adalah tentang Pembesaran nila 2,5 bulan dan diterbitkan juga oleh Penebar Swadaya.

Sebagai Developer Android, aku juga sudah menyediakan beberapa aplikasi android di PlayStore. Silahkan mengunjungi halaman developer di sana ya. Saat ini ada beberapa aplikasi yang dijual agar dapur rumahku tetap mengebul dan ada juga aplikasi gratis namun menggunakan iklan.

  1. Aplikasi pertama bernama GoNila yang kemudian aku ganti menjadi Bioflok Nila. Harganya tergolong murah lo.
  2. Aplikasi kedua bernama GoTilapia yang kemudian aku ganti menjadi Biofloc Tilapia dengan harga yang sama dan berbahasa Inggris.
  3. Aplikasi ketiga adalah untuk blog ini, Adi Sucipto. Silahkan unduh, dan gratis

Bagaimana dengan aktivitasku selama ini?

Aku pernah menjadi Perekayasa di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Sebagai perekayasa, tentu aktivitas sehari-hari saya adalah perekayasaan (engineering). Saya bergabung dengan BBPBAT (dulu namanya BBAT) tahun 1997 (saat masih dalam masa-masa penantian Wisuda di IPB Bogor). Tahun 1998 alhamdulillah diterima sebagai PNS dan bekerja juga di balai ini. Dalam masa sebagai PNS saya sadari belum banyak yang saya persembahkan untuk bangsa ini.

  1. Tahun 1998 – 2001, perekayasaan tentang hibridisasi pada ikan nila dan menghasilkan beberapa kombinasi hibrid yang bagus untuk dibudidayakan.
  2. Tahun 2002 – 2005, perekayasaan utama saya adalah dalam program untuk menghasilkan ikan nila jantan secara massal melalui beberapa kegiatan, yakni sex reversal (penjantanan), sex reversal (pembetinaan) dan progey test yang berkaitan dengan pembetinaan untuk menghasilkan ikan nila jantan YY atau supermale. Ikan ini rilis untuk digunakan secara luas ke masyarakat tahun 2007 sebagai nila GESIT.
  3. Tahun 2006 – 2007 sibuk belajar tentang Aquatic Science.
  4. Tahun 2008 – 2009 penelitian transgenik melalui mikroinjeksi.
  5. Tahun 2009 – 2014 fokus pada perekayasaan tentang seleksi berbasi marka pada ikan mas yang kemudian rilis tahun 2014 sebagai ikan mas Mantap (Majalaya yang tahan penyakit).
  6. Tahun 2015 – 2016 fokus pada perekayasaan tentang seleksi berbasis marka pada ikan mas strain lainnya, juga pembentukan populasi dasar sintetik pada ikan nilem.
  7. Tahun 2017 ini saya mendapat tugas dalam hal pendampingan unit pembenihan rakyat, pendampingan mina padi, dan pendampingan kegiatan bioflok di beberapa daerah. Kegiatan perekayasaan pada tahun ini adalah tentang bioflok pada lele dan nila, minapadi dan seleksi berbasis marka pada ikan mas Cangkringan. Melalui kegiatan ini, Anda mungkin mengenal istilah Bioflok 651. Itu adalah hasil penelitianku bersama team.

Sebagai orang yang sedang belajar, mungkin saja sajianku belum sempurna. Namun aku berharap, dapat bermanfaat dan dicatat sebagai amal sholeh. Aku menyadari bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah sebaik-baik pemberi balasan.

Oh iya, aku juga memiliki kanal Youtube. Meskipun sayang sekali, banyak cobaan yang aku alami selama membagikan video edukasi tentang bioflok. Jadi mohon maaf jika banyak video akhirnya aku hapus. Jika Anda tertarik silahkan ke Youtube.

Akhirnya, demikian sedikit informasi tentang saya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca halaman ini. Semoga Anda enjoy dan hari-hari Anda senantiasa dalam kebahagiaan.

Adi Sucipto

Back to top button

Adblock Detected

Kami menggunakan Adsense untuk mendapatkan segenggam beras.

Terima kasih