Bioflok 651 itu apa sih?

B

Bioflok 651 itu apa sih?

Saya masih merasa yakin bahwa banyak diantara Anda yang mempertanyakan apa yang dimaksud dengan bioflok 651. Baiklah saya jelaskan apa itu bioflok 651. Bioflok 651 adalah nama yang saya perkenalkan untuk sebuah teknologi bioflok dalam budidaya ikan, baik pendederan maupun pembesaran.

Apa yang mendasari penamaan 651?

Penamaan 651 dalam bioflok 651 didasarkan pada pertanyaan Malaikat Jibril kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam perihal apakah itu Islam, apakah itu Iman dan apakah itu Ihsan. Pertanyaan tersebut kalau dikuantifikasi berdasarkan urutannya akan menjadi 561. Tapi saya tetap menggunakan 651 atas dasar metode. Pertama yang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun adalah akidah. Inilah pondasinya. Kalau pondasinya lemah, bagaimana akan berIslam?

Proses berikutnya berisi amalan-amalan sehari-hari sebagai pengejawantahan dari Islam. Yang hakekatnya adalah bagaimana kita berhubungan dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan berhubungan semua makhluk ciptaanNya. Bagaimana peribadatan tersebut akhirnya? Tentu saja Ihsan. Bagaimana ia berperilaku baik akan segala sesuatu. Dan perbuatan baik itu dilakukan seakan-akan yang bersangkutan melihatNya. Saripati dari Ihsan ini adalah ahlaqul karimah.

“Anta’budallah ka annaka taraah, fa’illam takun taraah, fa’innahu yaraak.”

“Engkau mengabdi kepada Allah seperti engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.”

Bioflok 651
Bioflok 651

Apakah 651 hanya berlaku untuk ikan?

651 tidak hanya berlaku untuk budidaya ikan berbasis bioflok. 651 berlaku untuk semua kegiatan dalam kehidupan ini. Ini menjadi dasar dalam setiap tindakan. Semua kita, apakah muslim atau bukan; pastinya memiliki prinsip dalam hidupnya. Melakukan sesuatu tanpa kenyakinan adalah sama dengan mempersiapkan diri pada kegagalan. Inilah prinsip 6, keyakinan. Bagaimana agar memiliki keyakinan? Di sinilah pentingnya ilmu yang akan membimbing kita untuk memiliki keyakinan yang benar.

Lalu dengan bekal keyakinan tersebut, kita melakukan pekerjaan dan aktifitas. Aktifitas apa saja dalam kehidupan ini. Apakah saat akan berbudidaya ikan, atau melakukan bisnis. Intinya, aktifitas apa saja. Inilah prinsip 5. Jadi bioflok 651, itu bermakna bahwa berbekal keyakinan yang sudah diperkuat dengan ilmu, maka kita kemudian melakukan aktifitas budidaya ikan dengan teknologi bioflok. Jika aktifitas yang kita lakukan tersebut di dasari oleh ilmu sambil kita terapkan di lapangan, maka apa harapan kita? Iya betul, profesional. Kita akan menjadi profesional dalam bidang kita. Inilah prinsip 1. Iya juga berarti berakhlak baik bahkan kepada ikan yang dipelihara. Menjaga kualitas air medianya, memberi mereka makan dengan yang bergizi, dan lain sebagainya.

Semoga penjelasan singkat ini dapat memenuhi keingintahuan Anda tentang bioflok 651. Saya memang sudah beberapa kali menyebutkannya di chanel Youtube tentang hal ini. Tentu bahwa saya juga belajar bagaimana berbudidaya ikan, bagaimana teknologi bioflok tersebut sebelumnya dilakukan oleh orang lain sebagaimana telah saya muat tulisannya di sini, termasuk bagaimana saya mempraktekkannya dengan metode yang lama sampai akhirnya saya harus memperbaiki dan membenahi beberapa hal yang kurang pas baik secara metode maupun proseduralnya.

About the author

Adi Sucipto

Owner of this ordinary site, author, fish engineer, founder of Global Indoaqua, and developer of android app

By Adi Sucipto