Sharing is caring!

Cara meningkatkan performa situs WordPress bagaimana ya caranya? Ini adalah pertanyaan awal saya untuk situs ini. Sebagai newbie, saya cuma kepikiran hal itu. Bagaimanapun sebagai pengelola situs, saya juga kudu mikirin pengunjung. Pengunjung situs-situs saat ini saya yakin sebagian besar menggunakan handphone. Berdasarkan analisis sederhana ini, maka beberapa hal pastinya saya perlukan. Tentang tampilan situs dalam hape yang Anda genggam, loading speednya, keamanan systemnya, indexingnya, dan banyak hal lainnya.

Loading speed yang lama, tentu akan menguras waktu pengunjung. Walaupun bagi sebagian orang itu tidak terlalu bermasalah, namun saya mewakili wong cilik yang sangat menghargai waktu tentu tidak merasa nyaman jika punya rumah maya tapi lelet.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari tahu tool apa yang biasa diakai oleh mastah-mastah untuk mengetahui kecepatan loading suatu situs. Saya dapatnya Gtmetrix dan Web Pagetest, lalu saya coba dengan menggunakan keduanya. Wew pantesan leletkataku membenak, karena saat aku coba loading ke situs ini memang perlu waktu lumayan lama. Nilainya banyak yang D bahkan F. Seandainya saya mahasiswa yang lagi kuliah, sepertinya saya tidak akan lulus atau bahkan punya kesempatan untuk DO.

Pada halaman Gtmetrix saya disediakan informasi hasil test; tentang performance score dan page details. Berdasarkan informasi tersebut, saya kemudian belajar apa yang mesti dilakukan untuk memperbaiki nilainya. Saya kemudian mengerti bahwa yang saya perlukan adalah plugin. Ehmmm, plugin itu kalau ndak salah adalah sebuah atau seperangkat program aplikasi tambahan yang berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur-fitur atau layanan yang spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan blog engine WordPress. Informasi lebih lanjut tentang WordPress saya baca di WikiPedia.

Begitu kenal plugin, saya kemudian mencari plugin spa saja yang saya butuhkan untuk situs Aa Adi Sucipto ini. Namanya juga newbie, banyak plugin yang saya coba. Untuk satu tujuan saja semisal performa situs, kadang saya test beberapa plugin. Tapi belakangamn saya ketahui bahwa tidak perlu plugin banyak-banyak. Pakai saja yang terbukti banyak peminatnya dan kompatible atau sesuai dengan versi WordPress yang kita gunakan. Kompatible maksudnya bahwa plugin tersebut dapat bekerja sesuai fungsinya dan tidak menyebabkan kerusakan atau error pada situs.

Setelah saya putuskan menggunakan plugin apa saja yang dibutuhkan, lalu saya test lagi dengan Gtmetrix dan Web Pagetest. Hasilnya nampak seperti Gambar di bawah ini. Jika agan-agan punya pengalaman lain, kasih info ya. Semoga saya pun makin pinter seperti agan-agan.

Speedtest result on gtmetrix for Adi Sucipto
Speedtest result on gtmetrix for Adi Sucipto

Lalu, plugin apa saja yang bagus untuk digunakan dalam mengembangkan situs berbasis WordPress? Saya saat ini menggunakan 21 plugin. Banyak ya? He he. Insya Allah semoga bisa saya sharing di lain artikel ya gan. Selamat week end ya agan-agan  🙂

Sharing is caring!

Cara meningkatkan loading speed situs WordPress
Tagged on:         

Tinggalkan komentar

Beri komentar pertama!

Beritahukan
avatar
500
wpDiscuz