Akuakultur

Petunjuk teknis ginogenesis pada ikan mas

Gynogenesis atau ginogenesis adalah proses terbentuknya individu baru hanya dari gamet betina tanpa kontribusi dari gamet jantan. Dengan cara ini, dalam dua generasi akan diperoleh keturunan yang murni (homosigot). Hal ini lebih cepat bila dibandingkan dengan teknik konfensional yang perlu waktu sekitar 10 generasi. Manfaat lain dari ginogenesis adalah mempercepat proses seleksi, meningkatkan potensi hybrid vigor dalam kegiatan persilangan serta memudahkan dalam mendeterminasikan genotype jenis kelamin betina. Apa target akhir dari gynogenesis? Ikan hibrida. Jadi, agar gynogenesis terasa manfaatnya, maka harus ada data kombinasi pemijahan interspesies atau intraspesies yang menghasilkan hibrida terbaik. Jadi jangan kepikiran bahwa dengan gynogenesis lalu ikannya unggul. Keunggulannya akan muncul setelah hibridisasi. Masih ingatkan bahwa pemurnian itu akan meningkatkan berkumpulnya gen-gen resesif?

Gynogenesis pada ikan mas - ikan mas Sinyonya F1G2N

Sebelumnya, artikel ini berisi satu file pdf yang disetting agar pengunjung dapat langsung membacanya. Namun saya teringat masih punya file di komputer tentang kegiatan gynogenesis ini saat nyoba di BBAT Curugbarang, Pandeglang, Banten untuk ikan mas Sinyonya. Contoh ikan mas Sinyonya, terlihat seperti gambar di atas. Saat itu tahun 2014, dan sudah memiliki beberapa ekor ikan mas Sinyonya G2N mitotik dan G2N miotik, termasuk jantan fungsionalnya. G2N adalah istilah untuk ikan hasil Gynogenesis normal diploid.

Ikan mas strain Sinyonya sudah dirilis oleh Pemerintah pada tahun 1999. Saat ini populasi semakin berkurang. Hanya beberapa daerah tertentu yang masih mengembangkan ikan mas strain ini. Sehingga ikan mas ini dikenal sebagai komoditas spesifik lokal.

Alat-alat yang digunakan antara lain unit radiasi (box, lampu, stirrer dll.), water bath, penera waktu, saringan plastik, bak fiberglass, bulu ayam, cawan porselin/plastik, gelas ukur, syringe (1 dan 3 ml), kertas tissu dan baki plastik. Bahan-bahan yang digunakan antara lain induk ikan mas betina Hasil gynogenesis tahap I, induk tawes jantan matang gonad, hormon perangsang ovulasi, larutan fisiologis, larutan pembuahan (opsional) dan obat-obatan.

Gynogenesis - peralatan

Prosedur pelaksanaannya:

1.    Memilih induk ikan mas betina gynogenesis tahap I
2.    Memilih induk tawes jantan yang matang gonad
3.    Menyuntik induk ikan mas betina dengan ovaprim (dosis 0,5 ml/kg)
4.    Mempersiapkan wadah perawatan telur, akuarium inkubasi (24 oC), alat radiasi, water bath (39 oC)
5.    Men-stripping sperma tawes sebanyak 0,5 ml
6.    Mengencerkan sperma tawes (100 kali)
7.    Meradiasi 3 ml sperma per cawan porselin sambil diaduk oleh stirrer selama 10 menit
8.    Mengalin (stripping) telur kira-kira 4 sendok makan
9.    Mencampurkan telur ikan mas dengan sperma tawes yang telah diradiasi
10.    Menebarkan telur ke dalam saringan plastik di dalam air (catat sebagai t0 pembuahan)
11.    Memberikan kejutan panas (HS):
–    HS, menit ke- (2 – 7) selama 2 menit
–    dan menit ke 25 selama 2 menit

Gygonenesis - Aa Adi Sucipto sedang ngecek kinerja alat yang akan digunakan

Setelah itu, ya memasukkan sel telur yang telah mendapat perlakuan ke dalam bak fiberglass untuk penetasan, lalu memelihara larvanya lebih lanjut sampai menjadi induk.

Show More

Adi Sucipto

Owner of this ordinary site, author, fish engineer, founder of Global Indoaqua, and developer of android app

Related Articles

Back to top button