Pembesaran ikan nila merah Bangkok ini setahu saya adalah buku yang banyak peminatnya. Setidaknya saya memantaunya melalui Academia. Buku tersebut memiliki proses yang panjang. Saya dan Pak Eko menghabiskan waktu hampir 8 bulan untuk merampungkannya. Inilah buku pertama saya yang diterbitkan di Penebar Swadaya.

Sebagai buku pertama, banyak hal yang harus disiapkan. Setidaknya saya masih perlu waktu untuk belajar bagaimana bahasa populer dapat diasukkan ke dalam sebuah buku. Sebagai pegawai negeri, tentu banyak juga pekerjaan pokok yang mesti dilakukan. Jadinya, hampir sempat mengerjakannya pada saat malam hari.

Menulis, termasuk menulis untuk dapat dicetak menjadi sebuah buku adalah hobby yang menghasilkan. Ada royalti yang dapat Anda peroleh dari menulis buku. Besar nggak royatinya? Besar tidaknya memang relatif. Jika buku kita laku keras, ya lumayanlah. Tapi bagi penulis, royalti sebenarnya bukanlah satu-satunya harapan yang ada dibenaknya dari menulis. Sharing pengetahuan agar dapat bernilai ibadah, tentu saja lebih berharga dari royalti. Buku kedua saya adalah pembesaran nila 2,5 bulan. Judul buku ini sempet juga ngetrend, termasuk bukunya 😀 .

Buku pembesaran ikan nila merah Bangkok | Adi SuciptoSilahkan klik untuk menuju perpustakaan nasional

Buku pebesaran ikan nila 2,5 bulan | Adi Sucipto

Karena buku tersebut sudah masuk dalam penerbitan, tentu saja saya tidak dapat membagikannya kepada Anda, isi dari buku tersebut. Yang jelas, buku tersebut, sebagaimana buku kedua berisi tentang informasi tentang budidaya ikan. Dan Anda akan dipandu dalam melakukannya. Lalu kapan menyusul buku-buku berikutnya? Nah ini dia. Hobby jualan seringkali menggunakan waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan waktu untuk menulis. Bahkan untuk update tulisan di blog ini saja harus punya waktu khusus. Saya sempat vakum dari menulis di blog sekitar 2 tahun. Wew, lama ya. hehe.

Ok, ini adalah hobby saya yang kedua; menulis. Anda punya hobby menulis? Wah bagus itu. Ternyata, tidak ada yang sia-sia dari menulis, asalkan kaidahnya memenuhi persyaratan. Bahkan menulis di blog pun sebenarnya ada persyaratannya. Setidaknya, kita tidak boleh memajang tulisan orang lain di blog kita tanpa ijin, atau memberikan link ke menuju sumber tulisan aslinya. Bagi Anda yang kebetulan hobby juga dalam menulis, semoga Anda sukses!

Pembesaran ikan nila merah Bangkok
Tagged on:         

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.