Sharing is caring!

Praktek budidaya ikan lele dengan sistem bioflok adalah video ketiga diantara video yang sudah aku share sebelumnya, tentang belajar budidaya ikan lele dengan sistem bioflok dan area belajar budidaya ikan lele dengan sistem bioflok. Masih banyak yang mesti dipelajari dari guru-guruku di tempat belajar ini. Video durasi singkat ini semoga cukup sebagai gambaran. Semoga Anda tidak silau selama menonton video ini. Hehehe.

Aku juga belum bisa banyak share tentang teknologi ini. Ya, namanya juga masih dalam tahap belajar. Terus terang rodo isin kalau belum perfect lalu main share ae. Malu ama guru. Insting kita memang diuji dalam teknologi ini. Namun demikian, jika di tempat kita ada fasilitas uji lab untuk kualitas air, kualitas bahan-bahan yang digunakan, kuantitas bakteri penyusun flok, kualitias biofloknya dan lain-lain; maka hal itu akan semakin ok. Ini menurutku loh.

Jujur saja, saat ini aku hanya belajar filosofinya. Jadi untuk ramuan, komposisi dan cara penggunaannya masih manut. Aku kira memang justru hal inilah tahapan paling penting sebagai pemula seperti aku ini. Inilah yang aku maksudkan dengan gelas kosong dalam menuntut ilmu. Hehehe, padahal ilmu itu kan tidak salah, kok dituntut.

Kadang-kadang sehari dua, aku ambil juga foto warna airnya. Aku cuma kepikiran tentang pola warna pada berbagai waktu. Lalu aku analisis dengan piranti sederhana, color finder yang sudah berbasis android. Aku juga tahu bahwa analisis terhadap warna hanyalah analisis terhadap dampak, bukan analisis terhadap sumber. Namun hal ini aku ambil untuk menambah dan memperkuat insting selama pembelajaran. Pada 2 Maret 2017, warna airnya dominan RAL 1019 atau Grey beige atau dalam CSS sama dengan rgb (164, 143, 122) atau Hex (#a48f7a).

Praktek budidaya ikan lele dengan sistem bioflok - pola warna air

Aku betul-betul ucapkan terima kasih kepada Babeh, Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi atas kesempatan dalam pembelajaran ini. Juga kepada guru-guruku. Semoga ilmu jenengan makin mumpuni. Dan makin bermanfaat untuk akuakultur Indonesia. Aamiin.

Dalam tahap berikutnya, aku harus kompilasi dengan informasi dari luar negeri, praktisi dan peneliti dari dalam negeri yang berkaitan dengan teknologi biolok (BFT) ini. Bukan yang pertama, tapi semoga bukan yang terakhir.

Sharing is caring!

Praktek budidaya ikan lele dengan sistem bioflok
Tagged on:     

Tinggalkan komentar

2 Komentar pada "Praktek budidaya ikan lele dengan sistem bioflok"

Beritahukan
avatar
500
Sortir berdasarkan:   terbaru | terlama
mustbe2n
Tamu

Sa ember aja lama durasi pemberiannya …..kalau saya mah pakai gayung biar cepat kelar

wpDiscuz