Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, segala puja puji hanya bagiNya semata. Setelah berusaha sekian lama memecah fokus agar tidak jenuh, akhirnya aplikasi GoNila ini saya luncurkan hari ini. Allah, terima kasih.

Bagaimana tidak, perjuangan untuk belajar coding dan sambil menulis naskah untuk dimuat; keduanya perlu fokus dan tentu saja energi yang tidak sedikit. Aku tetap akan memegang prinsip lama, akan kukejar impianku meski tertatih dalam belajar.

Kode-kode genetik, barangkali sudah hampir terbiasa. Mungkin saja kode Javascript ini akan jadi terbiasa juga. Begitulah pikiranku mulai menyapa saat jari jemariku mulai menari untuk mengetikkan apa yang kupikirkan.

Bukan belum mengenal Javascript; tapi karena saking lamanya tidak menggunakannya. Saat sebelum domain Adi Sucipto ini aku beli pun, sudah mengenalnya meski sedikit. Saat itu masih belajar autodidak 12 jam tentang CSS, HTML dan sedikit PHP. Lalu mencoba peruntungan ke situs Belanda dan menjadi admin dalam waktu satu bulan. Sepertinya, membernya saat ini sudah lebih dari 95.000 orang. Dalam satu tahun kemudian, dipercaya menjadi salah seorang Professor dadakan di sana diantara 9 Professor lainnya. Aku mulai tertawa meski dalam hati, tapi bibirku bergerak mengenang masa itu. Kini, meski sudah tidak aktif hampir 10 tahun, penghargaan itu masih tertoreh di dinding profil. Ah, mereka sekumpulan anak-anak muda. Dan aku sudah harus melewatinya.

Aku kira sudah dua minggu sejak mulai belajar lagi tentang koding ini. Lahirnya GoNila adalah kelanjutan dari lahirnya aplikasi untuk situs ini. Semoga bukan yang terakhir, karena dalam pikiranku masih tersimpan beberapa ide dan masih bisa dieksplor ide-ide lain untuk kemajuan akuakultur Indonesia.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala meridhoi setiap langkah diri ini. Meski mohon maaf ya Allah, sangat terasa begitu tidak sempurnanya penghambaan ini padaMu.

GoNila merupakan aplikasi kedua, dan secara sengaja diperuntukkan bagi kawan-kawan pembudidaya ikan nila yang tertarik untuk berbudidaya dengan teknologi bioflok. Di dalam aplikasinya sudah memuat informasi bagaimana memulai bisnis dan apa saja yang sebaiknya mendapat perhatian, pengantar bagaimana ikan memproduksi telur, memproduksi larva, pendalaman pemahaman tentang teknologi bioflok kususnya pada ikan nila sehingga menjadi bekal dalam melakukan pendederan dan pembesaran ikan nila dengan teknologi bioflok ini. Serta sedikit ulasan tentang analisis bisnisnya. Semoga semua itu bermanfaat. Aamiin